Pengalaman Bisnis Membuka Toko Counter Pulsa Dan Triknya

Gambar hanya sekedar ilustrasi

Pengalaman Bisnis Membuka Toko Counter Pulsa - Selamat datang buat para pembaca, saya ucapkan banyak terima kasih sudah mampir di blog saya.

Saya di sini hanya ingin berbagi pengalaman dan trik dalam melakukan bisnis toko counter pulsa. Tenang saja saya disini tidak akan membahas Pengalaman Bisnis Membuka Toko Counter Pulsa yang membutuhkan modal besar. saya disini akan bercerita pengalaman pribadi saya, Insya Allah tidak saya lebihkan atau saya kurangkan. tapi biasanya "kalau Lebih kembalikan, kalau kurang diam saja". biasanya itu istilah buat pedagang..hehe..

Saya Membuka Toko Counter Pulsa berawal pada tahun 2008. Disitu saya cuma ada modal seadanya sekitar 3jt. pastinya kelihatan dengan modal segitu tidak akan jadi apa - apa kalau buat bisnis counter pulsa. tapi kenyataannya tidak demikian bagi saya. Karena "tidak ada hal yang besar, jika kita memulainya dari yang kecil"

CARI KIOS

Dengan modal yang pas - pasan akhirnya saya berani memulai bisnis counter pulsa. Saat itu saya dapat sewa kios yang belum termasuk mahal harganya. saat itu harga sewa kios masih tiga ratus ribu perbulan. dan saya akhirnya setelah negosiasi saya boleh sewa kios dengan cara bayar pertiga bulan. Setelah saya dapat kios, saya belum memiliki etalase kaca, karena biasanya counter pulsa menggunakan etalase kaca yg minimal tinggi 80cm lebarnya 2 meter., benar bukan begitu pemirsa?? hehe... singkat cerita saya dapat meja kayu dan di atasnya saya taro etalase kaca kecil sekali. yang bisanya buat naro dagangan rokok. saya isi etalase itu dengan voucher - voucher dan baterai baru se alakadarnya. ya namanya juga modal pas- pasan, tapi ingat jangan pernah berkecil hati.

ISI TOKO

Saatnya lanjut pembahasan ke isi toko. saya harap pembaca belum merasa jenuh ya baca kisah hidup saya yang begitu mendebarkan ini..(lebay!!!)
Dengan modal yang pas - pasan saya deposit saldo untuk jualan pulsa elektrik, saya anggarkan dua ratus ribu. voucher fisik sekitar empat ratus ribu. waktu tahun 2008an orang - orang masih belum percaya betul dengan voucher elektrik. tidak seperti sekarang, malahan kayaknya sudah jarang yang jual voucher fisik.
Saya beli aksesoris casing, baterai, headset hanya yang produk pasti laris. ingat loh, "produk yang pasti laris". saat itu aksesoris nokia 6600 (masih ada yang ingat?), nokia 3315, nokia 2300. loh koq nokia semua ya?? ya saat itu memang jualan produk nokia doank yang menjanjikan..hahaha...

Setelah menyiapkan isi toko yang seadanya, pasti ruangan kios tetap terasa lapang, ya wong dikit banget isi dagangannya.. saya akalin minta poster sama tempat grosir, terus saya pasang di tembok sampai penuh, alhasil orang kalau lewat toko saya terkesan ramai, padat. padahal cuma ramai dengan poster..hihihi...

TRIK BIAR UNTUNG TERUS

Mungkin sebagian pembaca ada yang bertanya - tanya dengan modal segitu minimnya apakah kios akan ramai pembeli dan bisa untung besar?
Kategori untung besar memang relatif, tapi bagi saya saat itu, dengan model minimal saya bisa dapatkan untung dengan maximal.

Kebetulan tempat grosir tidak jauh sekali dari lokasi kios saya, memang modal utama sepeda motor agar mudah mondar - mandirnya. jadi triknya begini, ketika ada customer yang datang dan menanyakan casing HP jenis tertentu, kita pastikan dahulu dia mau beli casingnya aja mau sekalian pasang. disaat dia bilang kalau bisa sekalian pasang langsung saya kasih harga dan saya bilang "tunggu sebentar, saya ambil dulu ya casingnya di toko kakak saya". padahal saya beli dulu ke tempat grosir..wkwkwk.. bohong dikit mungkin gpp lah..
Begitupun aksesoris lainnya.. kalau dia menanyakan masalah warna kita memang harus paham dahulu sekiranya yang tersedia warna apa aja. saat itu jualan casing dengan modal 15.000 bisa kita jual dengan nilai 30.000. kalau dalam 1 hari ada 5 customer saja sudah lumayan kan? belum dari penjualan pulsa dll. 

Seiring waktu saya mulai belajar bagaimana cara ganti casing HP yang tergolong rumit dalam membongkarnya. kalau sekarang sih sudah enak tinggal buka youtube, kalau dulu mah... internet masih muahal banget!!!
jualan casing untungnya 15.000, kalau ganti casing yang sudah membutuhkan obeng (disini serunya terkesan teknisi banget) bisa kita kenakan tambahan biaya. bisa 5000 s/d 25000. bahkan jaman dulu (kesannya tua banget) ganti casing nokia 9300 communicater biaya jasanya bisa 100.000 - 150.000 mantap kan??


Kurang lebih seperti itulah Pengalaman Bisnis Membuka Toko Counter Pulsa Dan Triknya.
Terima kasih dan silakan baca pengalaman - pengalaman lainnya ^_^







1 comment:

  1. Sekarang udah gede ya konter nya. Saya baru mulai usaha buka konter...ya hmpir sama modal pas pasan hehhhe. Awal nya mau fokus di kuota internet aja...tpi rupa nya klo di kmpung gini daya beli kuota masih blm maksimal mklum di perumahan desa. Dikit dikit sedia aksesoris case hp dn sperpart hp lain nya.tp ya blm rame jg...kdng aja aksesoris kejual. Mungkin krn baru dua bln kali ya...pengunjung konter blm ngalir hahha. Tp tetap semangat!!!!😃

    ReplyDelete