KISAH SUKSES DARI SUPIR MENJADI BISNIS RENTAL MOBIL,

Di sadur dari majalah SWA, Seorang mantan supir bernama Aryanto Mangundihardjo mengawali bisnis rental mobilnya dengan modal sebesar Rp. 3 juta. Usahanya terus melesat seperti busur panah. Ia tidak membutuhkan modal besar, namun cukup keyakinan, kretifitas dan tentu kemauan untuk berusaha dan pantang menyerah.

Mengawali bisnis rental mobil di tahun 2005, Aryanto hanya memiliki modal tiga juta sisa dari kegagalannya bermain trader CPO. Uang tiga juta tersebut ia gunakan untuk menyewa tempat. Usaha rental mobil yang ia dirikan kemudian ia beri nama Jakarta Bahana ( JB ). Baru pada tahun 2006, nama perusahaannya diganti menjadi JL atau Jakarta Limousine dan nama itulah yang hingga kini ia pakai untuk bisnis rental mobilnya.

Modal Segitu apa cukup? bagaimana cara membeli mobil armadanya?

Di sinilah kecerdikan dari Aryanto, ia tidak membeli mobil. Ia bahkan tidak memiliki mobil. Ia membuat semacam rekanan dengan para pemilik mobil untuk rela menyewakan mobil mereka. Mudahnya seperti ini, anda memiliki teman - teman yang memiliki mobil. Lalu, anda menjalin kerja sama dengan para pemilik mobil tersebut dengan cara anda di perbolehkan untuk menyewakannya kepada orang lain. 

Jadi ketika ada pelanggan yang membutuhkan mobil, anda tinggal menghubungi teman - taman anda. 

Usaha rental mobilnya terus berkembang, Aryanto mengatakan bahwa perkembangan bisnis nya terus meningkat setiap tahunnya dengan proesentase peningkatan sekitar 12% - 18 %. Ia kini telah memiliki 26 Mobil mewah seperti Ferari Spider , Rolls-Royce Phantom, Rolls-Royce Silver, Limousine, Bentley Flying Spoor dan lainnya. 

Bisnis rental mobilnya akan meraih keuntungan maksimal pada saat idul fitri yang dapat membukukan keuntungan berlipat hingga 100%. Nama JL sudah menjadi bisnis rental mobil yang sukses dan dikenal di kalangan para korporat sehingga tak jarang banyak kalangan artis maupun pengusaha yang telah menggunakan mobilnya. Justin Bieber, Beyonce Knowles, Katy Pary dan linkin Park adalah sederet nama artis yang pernah duduk di bangku kursi mobil miliknya.

Beberapa perusahaan sperti PT Yala Persada Angkasa (YPA) dan BRI telah menjadi langganan tetapnya bahkan dari pihak pemerintahan asing juga pernah menggunakan jasa rental mobil milik aryanto contoh nya pada saat adanya acara ASEAN Summit dan SEA Games. 

Menurut Aryanto, rata - rata dalam sebulan, mobilnya di sewa 16 kali dengan kisaran harga sewa diantara 30 - 40 juta. Luar biasa sekali. Kini, Aryanto telah memilik 26 Supir terlatih yang mahir berbahasa inggris serta 3 pekerja untuk menangani promosi dan pemasaran. 

Apa yang diraih oleh Aryanto, saya kira merupakan kisah inpiratif yang membuktikan bahwa tak semua bisnis besar berawal dari modal yang besar. Kretifitas adalah salah satu cara membangun bisnis dengan modal kecil. ( sumber : www.swa.co.id)

0 comments:

Post a Comment